Aplikasi Inventory Sederhana

Aplikasi Inventory Sederhana menggunakan VB VBnet MySQL

Membuat Aplikasi Inventory Sederhana adalah salah satu topik yang sangat umum, dan sering dijadikan sebagai salah satu topik skripsi, atau sekedar untuk mempelajari bahasa pemrograman tertentu. Aplikasi inventory juga menjadi topik yang cukup digemari karena kemungkinan pengguna yang sangat banyak, mulai dari warung-warung pinggir jalan sampai dengan hipermarket akan memerlukan aplikasi inventory untuk mengontrol status barang yang mereka jual. Bagi seorang programmer pemula, membuat aplikasi inventory juga bisa menjadi batu loncatan untuk membangun aplikasi perkantoran yang jauh lebih rumit.

Untuk itu saya akan mencoba membuat sebuah Tutorial Membuat Aplikasi Inventory Sederhana Menggunakan VB.net dan Database MySQL. VB.net dipilih karena merupakan salah satu bahasa yang sangat populer di Indonesia, dan sama halnya dengan database MySQL. Tutorial ini akan dibuat berseri menjadi artikel-artikel kecil untuk memudahkan teman-teman mempelajari konsep yang ada di dalamnya.

Struktur dari tutorial ini akn dibagi-bagi menjadi subtopik kecil adalah sebagai berikut:

  1. Analisa dan Desain Aplikasi. Menjabarkan hasil analisa dan desain untuk aplikasi yang akan dibuat. Untuk memudahkan, Diagram UML Use Case akan digunakan untuk menggambarkan fitur-fitur yang akan tersedia dalam Aplikasi Inventory Sederhana ini.
  2. Analisa dan Desain Database. Menjabarkan hasil analisa dan desain database yang akan digunakan untuk menyimpan data barang dan transaksinya. Notasi IDEF1X akan digunakan untuk diagram desain database-nya
  3. Penggunaan Trigger untuk Update Stok Barang. Menjabarkan desain database trigger untuk melakukan proses update saldo stok barang setiap kali ada transaksi barang masuk dan transaksi barang keluar. Artikel ini dilengkapi dengan test langkah-demi-langkah untuk mempermudah pemahaman materi.
  4. Desain User Interface. Menjabarkan desain umum user interface dan pemanfaatan visual inheritance untuk mendapatkan tampilan yang konsisten untuk semua form dalam aplikasi ini.
  5. Desain Data Access Layer. Menjabarkan desain lapisan data akses untuk mempermudah kita membuat aplikasi ini. Untuk Data Access Layer ini akan kita gunakan ADO.net 2.0 terlebih dahulu untuk mempermudah teman-teman dalam migrasi dari VB6 ke VB.net. Kalau ada kesempatan nanti kita bisa buat menggunakan Entity Framework.
  6. Membuat Form Master Barang. Menjabarkan detil langkah demi langkah membuat form master barang, mencakup keseluruhan fungsi CRUD (Created Read Update Delete) untuk data barang.
  7. Membuat Form Transaksi Barang Masuk. Menjabarkan detil langkah demi langkah membuat form transaksi barang masuk, mencakup keseluruhan fungsi CRUD (Created Read Update Delete) untuk data transaksi barang masuk.
  8. Membuat Form Transaksi Barang Keluar. Menjabarkan detil langkah demi langkah membuat form transaksi barang keluar, mencakup keseluruhan fungsi CRUD (Created Read Update Delete) untuk transaksi barang keluar.
  9. Membuat Form Laporan Kartu Stok, Menjabarkan pembuatan form yang menampilkan data kartu stok masing-masing barang, meliputi kronologis keluar masuknya barang.
  10. Membuat Form Laporan Mutasi Stok, Menjabarkan pembuatan form yang menampilkan data kartu stok keseluruhan barang, berupa summary barang masuk dan keluar serta saldo terakhir barang tercatat di gudang.

 

Jadi..... Bookmark segera artikel ini, karena artikel-artikel lanjutan akan diterbitkan secara periodik. Dan mudah-mudahan tutorial ini dapat membantu teman-teman mempelajari VB.net.

Semangat Belajar!

^_^

Category: 

Comments