Apa itu Transparansi Proses?

Transparansi Proses Menjadikan Organisasi Anda Lebih Efisian dan Kompetitif

Transparansi Proses - Pengertian transparansi adalah sesuatu yang nyata, jelas, terbuka, dan dapat dipertanggungjawabkan keberadaannya. Sedangkan definisi proses secara umum adalah sebuah alur yang terdiri dari rangkaian aktivitas dalam menyelesaikan sebuah kegiatan.

Transparansi proses adalah keterbukaan dalam menjalankan sebuah alur kegiatan sehingga dapat diikuti, dipantau, diukur, dan dinilai secara objektif berdasarkan parameter tertentu. Keterbukaan pelaksanaan aktivitas ini secara tidak langsung pada akhirnya akan mempengaruhi dan membentuk budaya perusahaan yang berorientasi kepada perbaikan sistem secara berkesinambungan.

Proses bisnis merupakan inti dari seluruh aktivitas yang dijalankan pada sebuah organisasi dengan melibatkan seluruh sumber daya yang ada pada organisasi untuk mencapai tujuan tertentu baik manusia, sistem, dan teknologi.

Transparansi sebuah proses bisnis tidak hanya meliputi keterbukaan infor-masi yang terkait dengan data, namun juga keterbukaan tentang bagaimana sebuah rangkaian aktivitas dikerjakan. Mulai siapa yang terlibat dalam proses bisnis, kapan aktivitas-aktivitas yang membentuk proses bisnis tersebut dikerjakan, berapa banyak yang terlibat dalam mengerjakan aktivitas, bagaimana sebuah alur kegiatan terbentuk, di mana posisi aktivitas proses bisnis saat ini, dan beberapa parameter informasi lainnya.

Sebuah perusahaan yang menganut konsep peningkatan mutu berkelanjutan pastilah membutuhkan banyak informasi terkait dengan jalannya sebuah proses. Dari informasi yang didapatkan tersebut akan memudahkan bagi pihak manajemen untuk melakukan perbaikan-perbaikan secara cepat dan tepat.

Category: