Aplikasi Inventory Sederhana - Data Access Layer

Aplikasi Inventory Sederhana - Data Access Layer

Aplikasi Inventory | Untuk memudahkan proses pembuatan Aplikasi Inventory sederhana ini, kita memerlukan sebuah Data Access Layer untuk proses pengambilan (retrieval) dan penyimpanan (persisting) data dari dan ke database yang kita gunakan, yaitu MySQL. Teknologi yang kita gunakan adalah ADO.net menggunakan DataSet dan DataAdapter. Dan untuk memudahkan kerja kita, maka kita akan menggunakan MySQL Installer for Windows untuk proses instalasi driver MySQL Connector/NET dan plugin MySQL for Visual Studio. Kekuatan ADO.net salah satunya ada di DataSet, dimana kita bisa membuat replika dari database fisik dan kemudian kita bisa menggunakannya secara object-oriented. 

 

Artikel ini adalah bagian dari artikel berseri tentang Tutorial Membuat Aplikasi Inventory Sederhana Menggunakan VB.net dan Database MySQL

 

Siapkan Koneksi Database

Langkah pertama adalah dengan membuka Server Explorer kemudian menambahkan koneksi baru ke database MySQL yang sudah kita siapkan di artikel sebelumnya. Perlu dicatat bahwa kita memerlukan plugin MySQL for Visual Studio agar dapat melakukan langkah-langkah tutorial di bawah ini, dan plugin ini hanya bisa digunakan di Visual Studio Professional ke atas, pada versi Express plugin ini tidak bisa digunakan.

Silakan tambahkan koneksi baru dan isikanlah form konfigurasi database, seperti contoh pada gambar di bawah ini

 

Membuat Typed-DataSet

Kekuatan ADO.net salah satunya ada di DataSet, dimana kita bisa membuat replika dari database fisik dan kemudian kita bisa menggunakannya secara object-oriented. Sedangkan DataSet sendiri ada 2 (dua) jenis, untyped-dataset dan typed-dataset. Disebut typed-dataset karena DataSet yang kita gunakan bukan dataset generic namun sudah dikonfigurasikan sesuai dengan schema database tertentu. Dengan menggunakan plugin MySQL for Visual Studio, kita bisa membuat Typed DataSet dengan cepat hanya dengan melakukan drag-and-drop dari Server Explorer.

 

Enhancing DataSet - Field Tambahan

Setelah kita berhasil membuat Typed-DataSet sesuai langkah-langkah di atas, langkah selanjutnya adalah melakukan enhancing, atau memberikan fungsi tambahan, terhadap DataSet yang sudah dibuatkan oleh Visual Studio. Tambahan fungsi ini meliputi field dan query untuk mempermudah kita melakukan pengambilan data dari database

 

Enhancing DataSet - Query Tambahan

Berikutnya yang kita lakukan menambahkan query ke DataSet. Jika kita perhatikan di DataSet Designer, ada komponen khusus dibawah bable dengan nama xxxTableAdapter. Komponen TableAdapter ini adalah DataAdapter yang khusus dibuatkan untuk menangani proses CRUD dari tabel bersangkutan, jadi proses CRUD untuk table transactions ditangani oleh transactionsTableAdapter. Secara default, sudah tersedia method Fill dan GetData, namun kedua methos tersebut masih bersifat generic pada saat proses pengambilan data dari database akan mengambil keseluruhan data tanpa filter.

Untuk itu kita perlu menambahkan sejumlah query untuk memudahkan kita mengambil data dari database berdasarkan kriteria tersentu, pastinya kita akan memerlukan query untuk mendapatkan data transaksi dengan ID tertentu, atau nomor transaksi tertentu, atau bisa juga berdasarkan tanggal transaksi.

 

Denormalisasi

Apakah denormalisasi database itu? denormalisasi database adalah pelanggaran aturan normalisasi atau menjabarkan suatu desain database yang telah normal untuk meningkatkan performa pengaksesan data pada database. Database yang telah normal disini dimaksudkan database yang redundansi datanya minim sehingga data yang disimpan tidak mengalami kerancuan dalam proses pengaksesan. Namun denormalisasi yang kita lakukan di sini tidak secara fisik, namun hanya menggunakan fasilitas view yang ada di database.

 

Hasil Akhir

Setelah seluruh langkah di atas kita selesaikan, maka langkah pamungkas dalam pembuatan Data Access Layer ini adalah dengan melakukan compile atau build project ini. Setelah proses build selesai dilakukan maka kita akan mendapatkan sejumlah komponen baru tampil di toolbox seperti tampak pada gambar di bawah ini. Visual Studio otomatis akan mengenali komponen Data Access Layer buatan kita dan menambahkannya ke dalam toolbox, dan kita bisa melakukan drag-and-drop komponen-komponen tersebut ke dalam form-form buatan kita nantinya. Komponen tambahan ini nantinya akan kita pergunakan dalam pembuatan Aplikasi Inventory ini.

Aplikasi Inventory Sederhana - Data Access Layer Enhance Dataset

 

Penutup

Mudah-mudahan penjelasan tentang pembuatan Data Access Layer dapat dipahami dengan mudah, dan silakan kunjungi link di bawah ini untuk mengunduh source-code sementara.

 

Salam Pojok Programmer !

-

Category: