Aplikasi Inventory Sederhana - Form Transaksi Barang Masuk

Aplikasi Inventory Sederhana - Form Transaksi Barang Masuk Inventory In

Form Transaksi Barang Masuk | Setelah sebelumnya kita berhasil membuat form entri master barang, berikutnya kita akan membuat form untuk mengelola proses CRUD (Create, Read, Update, Delete) data Transaksi Barang Masuk di Aplikasi Inventory ini. Untuk mengelola data master barang ini, kita memerlukan 2 (dua) buah form, yaitu Form List Transaksi Barang Masuk, dan Form Entri Transaksi Barang Masuk. Sama seperti form untuk mengelola data master barang, kedua form transaksi ini juga akan menggunakan metode data-binding untuk menampilkan data yang berhasil diambil menggunakan library data access layer yang kita buat sebelumnya.

Artikel ini adalah lanjutan dari artikel berseri tentang Tutorial Membuat Aplikasi Inventory Sederhana Menggunakan VB.net dan Database MySQL

Persiapkan Data Access Layer

Form transaksi ini merupakan form master-detail yang melibatkan 2 (dua) buah table, yaitu transactions sebagai master table, dan transaction_details sebagai detail table. Desain dari kedua table ini dapat di lihat dalam artikel ini. Untuk itu kita perlu mendefinisikan relasi foreign key antar DataTable yang ada di dalam DataSet dsInventory. Relasi ini yang nantinya akan sangat membantu kita dalam proses data-binding ke form transaksi.


Desain Form Entri Transaksi Barang Masuk

Berikutnya kita buat desain form transaksi barang masuk. Desain form transaksi ini akan menggunakan Visual Inheritance seperti yang sudah dibahas sebelumnya di artikel desain user interface dan desain form master barang, jadi silakan pelajari kedua artikel tersebut sebelum melanjutkan membaca artikel ini.

Berikutnya yang perlu kita lakukan adalah mengkonfigurasikan binding DataGridView agar memudahkan kita menambahkan detail barang yang terlibat dalam transaksi bersangkutan. Khusus untuk binding DataGridView, yang kita lakukan adalah setting property DataMember dari DataGridView ke relasi yang sudah kita buat sebelumnya, yaitu transaction_details_ibfk_1, seperti tampak pada gambar di bawah ini.

Setelah setting binding kita lakukan, selanjutnya ubah property Visible untuk beberapa kolom yang tidak perlu dilihat oleh user atau pengguna, misalkan kolom id, trans_id, item_code, dan item_name. Caranya adalah dengan melakukan klik kanan mouse di atas DataGridView, kemudian pilih menu "Edit Columns" setelah itu silakan ubah property visible menjadi false, seperti tampak pada gambar di bawah ini.

Untuk memudahkan pengguna memilih barang yang akan masuk dalam transaksi ini, maka kita buatkan sebuah ComboBox berisikan list Items sehingga user dapat langsung memilih dari daftar yang tersedia. Caranya adalah buka menu "Edit Columns" kemudian pilih field item_id dan set ColumnType sebagai ComboBoxColumn, seperti tampak pada gambar di bawah ini.

Berikutnya kita beritahukan vb.net untuk mengambil data Items dari DataSet DsInventory dengan cara mengkonfigurasikan property DataSource, DisplayMember, dan ValueMember menjadi seperti tampak pada gambar di bawah ini.

Hasil akhirnya akan tampak seperti pada gambar di bawah ini.

Kode Sumber Form Entri Transaksi Barang Masuk

Kode sumber untuk proses penyimpanan data dalam model master-detail agak sedikit sulit dikarenakan setelah menyimpan data baru ke master table, kita harus mengambil id auto_increment yang dihasilkan dari database kemudian menyesuaikannya ke data di detail table agar referential integrity tetap terjaga.



Desain Form List Transaksi Barang Masuk

Berikutnya kita buat desain form list transaksi barang masuk. Desain form list transaksi ini juga akan menggunakan Visual Inheritance seperti yang sudah dibahas sebelumnya di artikel desain user interface dan cara melakukan setting data-binding untuk grid list transaksi bisa di lihat di artikel desain form master barang, jadi silakan pelajari kedua artikel tersebut sebelum melanjutkan membaca artikel ini.

Kode Sumber Form List Transaksi Barang Masuk

Secara umum hampir tidak ada perbedaan pada code di artikel sebelumnya, hanya ada penambahan variable TransCode untuk membedakan jenis transaksi yang akan dimuat dari dalam database. Silakan perhatikan dengan seksama komentar yang terdapat dalam baris kode sumber, karena komentar-komentar tersebut menerangkan tujuan dari baris-baris kode yang ada



Simpulan

Jika kita perhatikan kode sumber yang kita tuliskan di aplikasi ini sangat sedikit sekali dikarenakan kita menggunakan metode data-binding. Kita juga tidak perlu lagi repot-repot membuat perintah SQL untuk proses CRUD, karena proses CRUD ini sudah ditangani di data access layer. Dengan makin sedikit-nya kode yang harus kita tuliskan tentunya akan semakin meningkatkan produktifitas kita semua sebagai programmer dan semakin banyak karya-karya fenomenal yang bisa kita buat.

Source Code

Untuk memudahkan teman-teman mempelajari hal ini, silakan Download Source Code Di SiniDibuat menggunakan Visual Studio 2013,  

Salam PojokProgrammer ^_^

 

/

Category: