Bagaimana Mewujudkan Transparansi Proses?

RetGoo Sentris Informa Transparansi Proses Menjadikan Organisasi Anda Lebih Efisien dan Kompetitif

Transparansi Proses - Terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh perusahaan untuk mewujudkan transparansi proses guna mendukung keterbukaan jalannya aktivitas, terutama kesiapan sumber daya manusia, sistem, dan teknologi yang mendukung.

Persiapan sumber daya manusia meliputi pemberdayaan para manajer bisnis dan knowledge worker dalam kaitannya dengan desain dan eksekusi proses bisnis. Diperlukan beberapa pelatihan yang berhubungan dengan kompetensi dalam hal pengelolaan proses bisnis.

Persiapan berikutnya adalah berhubungan dengan kesiapan sistem yang mengatur kebijakan dan penentuan proses, dalam hal ini adalah pemilihan metodologi pengelolaan proses bisnis. Salah satu yang dapat dijadikan acuan adalah penera-pan metodologi BPM.

Persiapan terakhir adalah penentuan teknologi informasi yang digunakan untuk dapat mewujudkan suatu sistem komputerisasi yang mampu memudahkan desain dan eksekusi proses bisnis secara transparan.

Ketiga hal tersebut dapat digunakan sebagai acuan untuk mewujudkan transparansi proses. Persiapan yang dilakukan harus simultan dan saling berkaitan agar didapatkan hasil yang maksimal.

Category: