Mengkonfigurasikan Oracle XE

Banyak sekali setting dan konfigurasi yang dapat diubah untuk Oracle Database XE, bahkan sama banyaknya dengan edisi Enterprise-nya. Namun untuk memudahkan pengguna, kebanyakan setting dan konfigurasi tersebut sudah ditentukan sebelumnya (pre-configured), namun ada sejumlah hal yang konfigurasi umum yang akan kita bahas di sini.

Memulai dan Menghentikan Listener

Listener adalah sebuah program Oracle Net yang residen di memory (sebagai service) yang bertugas untuk ‘mendengarkan’ dan kemudian merespon permintaan koneksi ke Oracle Database. Setelah poses instalasi Oracle Database XE, secara otomatis sebuah Listener akan teregristrasi sebagai service dan otomatis sudah dijalankan. Apabila belum ada yang menggunakan, maka Listener akan menggunakan port nomor 1521. Listener ini juga secara default akan dijalankan setiap kali komputer di-restart. Jika Anda merasa perlu untuk menjalankan (atau menghentikan) Listener secara manual, ikutilah langkah-langkah berikut ini.

Untuk menjalankan Listener pada platform Windows, bukalah dialog services melalui Start > Settings > Control Panel > Administrative Tools > Services, kemudian pilihlah service OracleXETNSListener. Tekan tombol kanan mouse Anda dan kemudian pilih Start.

Untuk menghentikan Listener pada platform Windows, lakukanlah langkah yang sema seperti di atas namun pilihlah Stop pada konteks menu yang muncul.

Memulai dan Menghentikan Database

Database sendiri juga merupakan sebuah program yang residen di memory. Program database ini harus dijalankan sehingga Oracle Net (dalam hal ini Listener) dapat melayani semua permintaan koneksi ke database dari client. Seperti halnya Listener, service database juga akan teregistrasi secara otomatis dan akan dijalankan setiap kali komputer di-restart. Jika Anda merasa perlu untuk menjalankan (atau menghentikan) Database secara manual, ikutilah langkah-langkah berikut ini.

Untuk menjalankan (atau menghentikan database) Anda harus login menggunakan user yang tergabung dalam grup ORA_DBA. Secara default, user yang kita pakai saat proses instalasi akan tergabung dalam grup ORA_DBA.

Untuk menjalankan Oracle Database pada platform Windows, bukalah dialog services melalui Start > Settings > Control Panel > Administrative Tools > Services, kemudian pilihlah service OracleServiceXE. Tekan tombol kanan mouse Anda dan kemudian pilih Start.

Untuk menghentikan Oracle Database pada platform Windows, lakukanlah langkah yang sema seperti di atas namun pilihlah Stop pada konteks menu yang muncul.

Memulai dan Menghentikan Database Menggunakan SQL*Plus

Anda juga dapat menggunakan SQL*Plus untuk menjalankan atau menghentikan Oracle Database. Metode ini dapat dilakukan pada platform apapun, misalnya Linux.

Jika kita menggunakan SQL*Plus untuk menjalankan atau menghentikan database, maka Anda harus login sebagai user yang memiliki hak akses SYSDBA, yaitu SYS. Atau Anda juga dapat memanfaatkan OS User jika Anda menjalankan SQL*Plus pada komputer lokal (bukan remote). Untuk menjalankan Oracle Database ketikkanlah perintah berikut ini pada command prompt.

sqlplus / as sysdba
SQL>startup

Oracle XE Manual Startup

Untuk menghentikan database, login-lah sebagai SYSDBA, dan jalankan perintah berikut ini:

sqlplus / as sysdba

SQL>shutdown immediate

Oracle XE Manual Shutdown

Manual SQL*Plus akan memberikan informasi lebih lengkap apabila Anda ingin mengetahui lebih lanjut mengenai cara menjalankan dan menghentikan database melalui SQL*Plus. Manual ini juga menjelaskan cara kita berinteraksi dengan Oracle Database, karena SQL*Plus adalah interface yang pertama kali dibuat untuk berkomunikasi dengan Oracle Database. Interface lain seperti Enterprise Manager, Application Express, SQL Developer dan lain-lain adalah interface yang baru akhir-akhir ini saja dibuat. SQL*Plus sangat diandalkan oleh para hardcore DBA karena dapat berjalan di semua platform dan hanya mengambil sumber daya yang sangat kecil.

Mengubah Hak Akses Homepage Oracle XE

Jika kita perhatikan, tools yang disediakan oleh Oracle XE untuk manajemen database ada aplikasi berbasis web, dan kalau kita perhatikan lebih jauh lagi tidak ada service yang menandakan sebuah web server di dalam Windows Services. Lalu dari mana datangnya web server (dengan port 8080) itu datang… Jawabannya adalah LISTENER… Kalau tidak percaya silahkan stop service Listener (dengan cara yang sudah disebutkan di awal post ini) kemudian coba akses homepage Oracle XE… dijamin GAGAL. Selidik punya selidik, ternyata didalam proses Listener itu ada embedded OC4J (Oracle Container for Java) yang bertindak sebagai web server… Canggih juga.

Secara default, homepage Oracle Database XE (yaitu Application Express) hanya dapat diakses melalui komputer lokal, tidak bisa diakses dari remote komputer walaupun menggunakan akses protokol HTTP. Anda dapt mengubah setting ini sehingga akses ke homepage Oracle Database XE dapat diakses melaui komputer remote. Namun perlu Anda perhatikan bahwa protokol yang dipakai adalah HTTP (bukan HTTPS) sehingga semua password akan dikirimkan tanpa di-encrypt terlebih dahulu. Jadi, jika Anda tidak benar-benar memerlukannya, ada baiknya Anda tidak mengubah setting ini – lebih aman.

Jika Anda tetap ingin memperbolehkan akses homepage Oracle Database XE, maka lakukanlah langkah-langkah berikut ini.

  1. Buka browser web dan login ke database sebagai SYSTEM (http://127.0.0.1:8080/apex).

  2. Pilih Administration.

  3. Pilih Manage HTTP Access pada pilihan Tasks disebelah kanan

  4. Berilah tanda check pada pilihan Available from local server and remote clients, kemudian tekan tombol Apply Changes.

Anda juga dapat menggunakan SQL*Plus untuk mengubah setting ini. Login-lah ke SQL*Plus dan jalankan perintah berikut ini.:

sqlplus / as sysdba

SQL> EXEC DBMS_XDB.SETLISTENERLOCALACCESS(FALSE);

Setting Homepage Access

Selamat mencoba…

Category: