Transparansi Proses

RetGoo Sentris Informa Transparansi Proses Menjadikan Organisasi Anda Lebih Efisien dan Kompetitif

Menjadikan Organisasi Anda Lebih Efisien dan Kompetitif

Transparansi Proses - Sistem informasi pada sebuah organisasi sangat dibutuhkan untuk memudahkan dalam menjalankan sebagian atau seluruh kegiatan operasional. Saat ini penggunaan sistem informasi pada sebagian perusahaan masih banyak menggunakan konsep Data Centric, yang berarti bahwa sistem informasi yang diterapkan lebih menitikberatkan pada aspek bagaimana menghimpun, mengolah, menyimpan data serta menyajikannya bentuk laporan.

Sejalan dengan perkembangan kemajuan Teknologi Informasi dewasa ini, sebagian perusahaan sudah mulai menerapkan sistem informasi dengan model pendekatan lain, yaitu pendekatan berkonsep Process Centric. Model ini menjelaskan bahwa penggunaan Sistem Informasi lebih menitikberatkan kepada manajemen pengelolaan proses bisnis yang dapat dieksekusi secara otomatis. Karena berorientasi pada pengelolaan proses, maka aktivitas yang dilakukan dalam sebuah perusahaan akan menjadi lebih teratur dan transparan.

Salah satu contoh implementasi sistem informasi berbasis Process Centric yang sudah banyak diadopsi adalah dengan menggunakan metode Business Process Management (BPM). BPM merupakan sebuah pendekatan manajemen holistik untuk meningkatkan efektifitas dan efisiensi bisnis seiring upaya mencapai inovasi, fleksibilitas, dan integrasi dengan teknologi. Terdapat beberapa manfaat yang di-peroleh dari implementasi BPM, salah satunya yaitu adanya transparansi proses terkait dengan penerapan sebuah aturan atau regulasi di perusahaan.

Pendekatan Process Centric di Indonesia relatif masih baru terutama dalam hal implementasi penggunaan Sistem Informasi. Rangkaian artikel ini akan menjelaskan keuntungan (benefit) implementasi penggunaan BPM bagi perusahan secara lebih detail beserta bagaimana cara mewujudkannya sehingga diperoleh manfaat yang maksimal.

Category: