Aplikasi Inventory Sederhana - Analisa dan Desain Aplikasi

Aplikasi Inventory Sederhana - Analisa dan Desain Aplikasi

Analisa dan Desain biasanya merupakan salah satu langkah yang kadang disepelekan kebanyakan programmer, terutama programmer pemula dan single fighter, karena dianggap menghabiskan waktu saja, Kebanyakan programmer lebih memilih untuk langsung duduk di depan komputer dan melakukan coding, hasilnya biasanya adalah kebingungan yang sangat tentang apa yang harus mereka lakukan pertama kali. Padahal analisa dan desain sesungguhnya akan membantu kita mengarahkan dan mengetahui fitur apa saja yang harus dibuat dalam aplikasi yang sedang dikembangkan ini. Dalam membuat Aplikasi Inventory Sederhana ini, kita akan memanfaatkan software StarUML untuk membuat Use Case Diagram aplikasi ini. Use Case Diagram menggambarkan "apa" saja, atau fitur yang harus ada dalam aplikasi yang sedang kita buat ini. Dan untuk memudahkan, kita akan membatasi lingkup tutorial ini sesuai dengan apa yang tercantum dalam Use Case Diagram yang kita buat sekarang.

Artikel ini adalah lanjutan dari artikel berseri tentang Tutorial Membuat Aplikasi Inventory Sederhana Menggunakan VB.net dan Database MySQL

analisa dan desain use case aplikasi inventory vbnet vb.net mysql sederhana

Aplikasi ini akan kita bagi menjadi beberapa module meliputi

  • Modul Master Barang
  • Modul Transaksi Inventory
  • Modul Laporan

 

Pembagian modul ini nantinya juga harus tercermin dalam code vb.net yang kita buat. Jika kita perhatikan dalam gambar, terlihat bahwa Modul Transaksi dan Modul Laporan bergantung pada Modul Master, pada saat yang sama Modul Laporan juga bergantu pada Modul Transaksi. Hal ini sangatlah wajar karena Transaksi  tidak bisa dilakukan tanpa adanya data Master, dan Laporan tidak bisa dibuat tanpa tersedianya data dari Modul Master dan Modul Transaksi. Setelah kita tahu module apa saja yang perlu dibuat, maka kita harus mendetilkan masing-masing modul dengan diagram use case-nya.

Modul Master Barang

Modul Master Barang akan berisikan use-case berikut ini dengan fungsinya masing-masing antara lain,

  • Mengelola Data Master Barang. Use Case ini menggambarkan proses pengelolaan data Master Barang, skenario utama use case ini adalah melihat list barang yang tersimpan dalam database, pengguna kemudian dapat melakukan filtering untuk mencari data barang yang diinginkan. Extension, atau skenario alternatif, dari use case ini meliputi,
    • Menambah Barang Baru. Pengguna akan menekan tombol tertentu yang akan menampilkan form entri data barang agar pengguna bisa mengisikan data barang yang akan dibuatnya
    • Mengubah Data Barang. Pengguna akan memilih data barang yang akan diubah datanya kemudian menekan tombol tertentu, atau melakukan klik ganda pada data bersangkutan dan sistem akan menampilkan form berisikan data barang yang ingin diubah.
    • Menghapus Data Barang. Pengguna akan memilih data barang yang akan dihapus, kemudian menekan tombol tertentu. Sistem kemudian akan memberikan konfirmasi apakah pengguna benar-benar akan melakukan penghapusan data.

analisa dan desain use case modul master aplikasi inventory vbnet vb.net mysql sederhana

Modul Transaksi

Modul Transaksi akan berisikan use-case berikut ini dengan fungsinya masing-masing antara lain,

  • Mengelola Transaksi Barang Masuk. Use Case ini menggambarkan proses pengelolaan data Transaksi Barang Masuk, skenario utama use case ini adalah melihat list transaksi yang tersimpan dalam database, pengguna kemudian dapat melakukan filtering untuk mencari data transaksi yang diinginkan. Extension, atau skenario alternatif, dari use case ini meliputi,
    • Menambah Transaksi Barang Masuk Baru. Pengguna akan menekan tombol tertentu yang akan menampilkan form entri data transaksi agar pengguna bisa mengisikan transaksi yang akan dibuatnya
    • Mengubah Data Transaksi Barang Masuk. Pengguna akan memilih data transaksi yang akan diubah datanya kemudian menekan tombol tertentu, atau melakukan klik ganda pada data bersangkutan dan sistem akan menampilkan form berisikan data transaksi yang ingin diubah.
    • Menghapus Data Transaksi Barang Masuk. Pengguna akan memilih data transaksi yang akan dihapus, kemudian menekan tombol tertentu. Sistem kemudian akan memberikan konfirmasi apakah pengguna benar-benar akan melakukan penghapusan data.

analisa dan desain use case modul transaksi aplikasi inventory vbnet vb.net mysql sederhana

  • Mengelola Transaksi Barang Keluar. Use Case ini menggambarkan proses pengelolaan data Transaksi Barang Keluar, skenario utama use case ini adalah melihat list transaksi yang tersimpan dalam database, pengguna kemudian dapat melakukan filtering untuk mencari data transaksi yang diinginkan. Extension, atau skenario alternatif, dari use case ini meliputi,
    • Menambah Transaksi Barang Keluar Baru. Pengguna akan menekan tombol tertentu yang akan menampilkan form entri data transaksi agar pengguna bisa mengisikan transaksi yang akan dibuatnya
    • Mengubah Data Transaksi Barang Keluar. Pengguna akan memilih data transaksi yang akan diubah datanya kemudian menekan tombol tertentu, atau melakukan klik ganda pada data bersangkutan dan sistem akan menampilkan form berisikan data transaksi yang ingin diubah.
    • Menghapus Data Transaksi Barang Keluar. Pengguna akan memilih data transaksi yang akan dihapus, kemudian menekan tombol tertentu. Sistem kemudian akan memberikan konfirmasi apakah pengguna benar-benar akan melakukan penghapusan data.

analisa dan desain use case modul transaksi aplikasi inventory vbnet vb.net mysql sederhana

Modul Laporan

Modul Laporan akan berisikan use-case berikut ini dengan fungsinya masing-masing antara lain,

  • Melihat Laporan Kartu Stok. Sederhana saja, aplikasi akan menampilkan kronolagi keluar masuk barang sesuai dengan kriteria kode barang yang diberikan oleh pengguna.
  • Melihat Laporan Mutasi Stok. Berdasarkan periode tertentu sesuai input dari pengguna, Aplikasi akan menampilkan summary dari total keluar dan masuk dari masing-masing barang.

analisa dan desain use case modul laporan aplikasi inventory vbnet vb.net mysql sederhana

Simpulan

Selesailah kita mendefinisikan semua fitur dari Aplikasi yang akan kita bangun. Teman-teman mungkin bertanya-tanya, "Kenapa tidak ada modul Security? Apakah pengguna dapat menggunakan Aplikasi ini tanpa Login terlebih dahulu?" Jawabannya adalah, kita dengaja membatasi lingkup tutorial ini. Mengenai Modul security yang mengatur hak akses pengguna silakan dikembangkan sendiri, atau.... jika ada kesempatan, mungkin akan kita buatkan tutorialnya tersendiri.

Tetap Semangat!

-